Bisnis

Solusi Saat Merasa Salah Pilih Jurusan Kuliah

Banyak permasalahan yang dialami mahasiswa ketika berada pada masa perkuliahan. Salah satunya adalah salah memilih jurusan. Walaupun sudah dipikirkan dengan baik, tidak menutup kemungkinan bahwa mahasiswa apalagi mahasiswa baru akan merasa salah memilih jurusan kuliah. Kalau sudah seperti itu, mending diteruskan saja atau pindah?

pendidikanmaju.com

Ini Dia, Aneka Solusi Jika Kamu Merasa Salah Memilih Jurusan Kuliah

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan ketika merasa salah memilih jurusan untuk kuliah:

  • Meyakinkan diri

Sebelum memutuskan untuk pindah atau melanjutkan kuliah di jurusan yang sekarang, pastikan terlebih dahulu pada diri sendiri apakah memang betul salah masuk jurusan atau hanya belum bisa beradaptasi dengan lingkungannya saja. Cari dulu akar permasalahan yang sedang dihadapi sampai tuntas.

  • Perdalam ilmu yang sedang dipelajari

Selain karena belum bisa beradaptasi dengan lingkungan baru, bisa saja perasaan salah memilih jurusan muncul karena belum menemukan hal menarik di bidang ilmu yang dipelajari. Jadi sebaiknya pelajari dan perdalam dulu ilmunya sampai yakin mau lanjut atau pindah.

  • Mengembangkan passion

Di samping belajar dalam perkuliahan, mahasiswa juga bisa mengembangkan potensi dan skill yang dimiliki. Sehingga walaupun salah masuk jurusan, mahasiswa masih punya skill yang baik di bidang lain.

  • Membuat target pencapaian

Membuat target pencapaian sangat penting karena dari situ bisa diketahui tujuan dalam beberapa tahun ke depan dan juga hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan itu.

  • Mengikuti workshop dan pelatihan

Workshop dan pelatihan adalah kegiatan pengembangan skill yang bermanfaat. Sehingga mahasiswa tidak hanya pintar secara akademis tetapi juga mempunyai skill yang mumpuni.

  • Pindah Jurusan

Hal terakhir yang dapat dilakukan adalah pindah jurusan. Tetapi pikirkan juga semua baik dan buruknya. Setiap keputusan selalu ada konsekuensinya, baik dari segi waktu yang terbuang, biaya yang perlu dikeluarkan, maupun masa depan nantinya.

Jadi, mau berhenti dan mengganti jurusan kuliah yang sesuai dengan tujuan semula atau melanjutkan dan berkompromi dengan jurusan yang sudah diambil serta membuat tujuan baru, semuanya terserah pada pribadi masing-masing. Jadi, yang paling penting adalah semua harus dipikirkan secara matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *