Bisnis

Menentukan Biaya Renovasi Atap Rumah Berdasarkan Bahan Atap

Renovasi atap rumah & biaya renovasi atap rumah merupakan dua hal yang saling berkaitan dan sangat penting untuk dipertimbangkan. Terlebih atap merupakan bagian yang terpenting pada sebuah rumah sehingga material atap harus benar-benar berkualitas dan awet. Saat ini bahan untuk atap sangatlah bervariasi dan bisa dipilih sesuai keinginan dan budget. Namun selama ini masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan genteng yang terbuat dari tanah liat sebagai atap rumah.

renovasi atap rumah & biaya renovasi atap rumah

Bagi anda yang berencana melakukan renovasi atap rumah karena sudah mulai mengalami bocor atau rusak maka pastikan memperhatikan secara cermat jenis bahan atap yang akan dipergunakan. Jangan sampai hanya karena ingin menghemat biaya renovasi atap menjadikan anda asal memilih bahan. Sebagai bahan referensi dalam menentukan renovasi atap rumah & biaya atap rumah maka berikut akan diberikan informasi seputar bahan atap rumah.

  1. Atap Gentang
    Genteng merupakan jenis atap yang dibuat dari beberapa bahan utama. Biasanya genteng dibuat dari tanah liat merupakan yang paling ekonomis. Untuk menentukan besarnya biaya penggunaan atap genteng saat renovasi atap maka anda hanya perlu mengukur luas dan jumlah genteng yang diperlukan. Namun pemasangan genteng membutuhkan kayu usuk, bandar dan reng. Hingga saat ini atap genteng banyak dipilih oleh masyarakat karena memberikan kesan sejuk pada rumah.
  2. Atap Sirap
    Atap sirap memiliki dua jenis yaitu kayu dan fiber. Untuk atap sirap dari kayu memang lebih mahal dan harus dipilih yang berkualitas. Bentuknya persegi panjang dan berujung runcing. Atap sirap modern sudah menggunakan bahan fiber. Biasanya atap sirap dipakai untuk rumah tradisional, kerajaan atau keraton.
  3. Atap Metal
    Bagi penyuka jenis atap modern maka bisa memilih atap metal dari baja ringan. Bahan atap ini lebih ringan dan tentunya tidak begitu mahal. Dengan harga yang lebih murah serta proses pemasangannya yang mudah menjadikan jenis atap ini banyak diminati.
  4. Atap Asbes
    Biasanya jenis atap ini dipakai untuk atap dapur, garasi, jemuran atau belakang rumah. Menggunakan atap asbes akan memberikan kesan yang sangat panas saat cuaca panas dan sangat dingin saat cuaca dingin. Harga atap asbes juga cukup murah sekitar Rp 35.000 – Rp 50.000 untuk ukuran 210x105mm dan pemasangannya sangat mudah.

Itulah tadi informasi seputar menentukan biaya renovasi atapo rumah melalui jenis atap yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas kini anda bisa merencanakan renovasi atap rumah dengan memilih bahan yang sesuai budget dan kebutuhan hunian anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *