Mau Hidup Hemat? Ini 5 Cara Mengelola Uang Belanja Dapur

Tips belanja hemat – Makanan jadi salah satu keperluan dalam hidup yang tak dapat dihindari. Tak heran jika pengeluaran untuk keperluan ini jadi salah satu pengeluaran terbesar setiap bulannya.

southgate.id

Lantas, bagaimana caranya jika ingin menghemat pengeluaran untuk kepentingan pokok yang satu ini? Sebenarnya ada bermacam macam langkah yang dapat kamu jalankan untuk menghimpit ongkos pengeluaran keperluan pangan setiap bulannya.

Mau Hidup Sehat dan Hemat? Ini Cara Mengelola Uang Belanja Dapur

  1. Biasakan membawa bekal ke kantor

Meski terdengar sepele, sebenarnya membawa bekal ke kantor jadi tidak benar satu langkah awal yang baik dalam menghemat pengeluaran. Bayangkan, jika setiap hari kamu mengeluarkan uang 15-20 ribu cuma untuk makan siang. Artinya, dalam sebulan setidaknya kamu udah menggunakan 450-600 ribu untuk makan siang saja.

Selain itu, jika sewaktu waktu kamu beroleh tugas atau pekerjaan yang mendekati deadline dan wajib segera diselesaikan, tetapi suasana perut lapar. Bekal makanan juga dapat segera kamu santap tanpa wajib repot-repot terlihat kantor.

  1. Buat list belanja setiap bulannya

Setiap kali menerima gaji, lekaslah pisahkan beberapa uang untuk digunakan berbelanja keperluan bulanan. Termasuk di antaranya adalah keperluan makanan dalam sebulan. Pastikan kamu belanja bahan-bahan yang diperlukan. Mulai berasal dari sayur, buah, telur, bumbu dapur dan lain-lain.

  1. Belanja di pasar tradisional

Sudah bukan rahasia kecuali pasar tradisional menjadi surga para ibu-ibu dalam berbelanja kebutuhan harian untuk keluarganya. Dibandingkan di supermarket, barang belanjaan di pasar tradisional condong lebih murah.

Selain itu, kamu terhitung tetap mampu menawar bahan makanan spesifik kecuali membelinya dalam jumlah banyak. Berbeda dengan yang tersedia di supermarket, seluruh harga yang tercantum sudah pas dan tentu saja kamu tidak diperkenankan untuk menawarnya.

  1. Sudah bukan rahasia jika pasar tradisional jadi surga para ibu-ibu dalam berbelanja keperluan harian untuk keluarganya. Dibandingkan di supermarket, barang belanjaan di pasar tradisional condong lebih murah.
  2. Selain itu, kamu juga tetap dapat menawar bahan makanan tertentu jika membelinya dalam kuantitas banyak. Berbeda dengan yang ada di supermarket, seluruh harga yang tertera udah pas dan tentu saja kamu tidak diperkenankan untuk menawarnya.

4.Memasak sesuai porsi yang dibutuhkan

Jika sementara ini kamu cuma hidup sendiri, maka tak wajib memasak dalam porsi besar sekaligus. Buatlah masakan yang sesuai dengan porsi makanmu. Dengan demikian, kamu tidak akan membuang-buang makanan yang tersisa dan terhindar berasal dari tabiat boros juga.

  1. Simpan bahan makanan dengan baik

Beberapa bahan makanan layaknya sayur, buah dan daging terlalu rentan busuk. Maka berasal dari itu, anda perlu menyimpannya terhadap wadah yang tepat layaknya kulkas. Setiap bahan makanan punyai langkah penyimpanannya sendiri-sendiri. Carilah banyak informasi sehingga tidak ada bahan makanan yang terbuang cuma dikarenakan anda tidak benar tempat penyimpanan.

Itulah 5 langkah mengelola uang belanja dapur yang dapat kamu coba. Dengan demikian, tak wajib khawatir dikarenakan kamu tetap dapat hidup sehat walau sedang mobilisasi pola hidut hemat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *