Bisnis

Keunggulan Penggunaan Rangka Atap Baja Ringan

Mungkin sampai detik ini Anda masih memikirkan perihal harga atap baja ringan per meter. Atau malah memikirkan tentang penggunaan rangka kayu sebagai atap rumah.Tampaknya Anda masih ragu-ragu terhadap pilihan. Artikel ini akan membantu Anda menentukan sikap karena kami membahas seputar penggunaan rangka atap baja ringan.

renovatap.com

Memulai menentukan rangka atap berbahan baja ringan harus dimulai dengan mengetahui kualitas kekuatan tegangan tarik. Meskipun ringan, rangka atap baja ini mempunyai kekuatan tegangan tarik (tensile strength) yang mumpuni, yaitu 550 Mpa. Angka tersebut mengungguli tegangan tarik baja konvensional karena memiliki 300 Mpa saja. Rangka atap baja ringan sifatnya lentur dan dapat menyerap energi dalam jumlah besar. Lain halnya rangka atap berbahan kayu, yang memiliki sifat getas dan mudah hancur. Kekuatan regangan selama pengaplikasikan rangka atap membuat baja ringan tahan terhadap keruntuhan dan bisa menjaga kestabilan bangunan.

Keuntungan yang diperoleh ketika menggunakan atap baja ringan adalah metode pemasangan mudah dan efisien. Dipastikan jika pemasangan rangka atap baja ringan cukup sederhana karena material ringan dan lentur bisa menghemat waktu  serta biaya pengerjaan. Bukan sekadar bobot yang ringan sehingga memudahkan proses konstruksi, atau baja ringan mempunyai sistem sambungan yang mudah. Dengan begitu Anda tidak perlu bingung atau mengalami kendala selama pemasangan.

Sabungan pada rangka atap baja ringan pun berupa keling (las) skrup, dan baut. Sistem sambungan ini membuat rangka atap baja ringan mudah dirangkai dibandingkan penggunaan konstruksi atap berbahan kayu ataupun beton.

Dalam prosesnya, pembentukan rangka atap baja ringan cukup bervariasi dan bisa dibuat berdasarkan model atap yang diinginkan. Hanya saja, bentukan dari rangka atap baja ringan ini harus disesuaikan berdasarkan beban yang nantinya ditumpu di atap. Apabila Anda ingin memastikan kekuatan rangka atap baja ringan, sebaiknya perhatikan jarak antarbaja yang digunakan. Makin rapat ketika dipasang, makin kokoh atap tersebut. Ya, paling tidak rangka atap baja ringan pemasangannya memiliki jarak 150 sentimeter.

Harga atap baja ringan per meter-nya pun bervariasi, mulai dari Rp140.000 hingga Rp450.000-an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *