Kapolri dan Sejarah terbentuknya

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia atau umumnya disingkat menjadi kapolri, adalah pejabat yang menjadi pimpinan tertinggi dalam organisasi Kepolisian Republik Indonesia(Polri). Sejak pertama kali dibentuk, jabatan ini pernah mengalami beberapa pergantian herrarki dan nama jabatan. Pada era orde baru, jabatan Kapolri secara hierrarki berada dibawah panglima ABRI.
Pada tanggal 19 Agustus 1945 Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia membentuk Badan Kepolisian Negara. Pada tanggal 29 september 1945 Presiden soekarno melantik Raden said soekanto tjokrodiatmodjo menjadi Kepala Kepolisian Negara(KKN).

www.kompolmas.tv

Pada awalnya kepolisian berada dalam lingkungan Kementrian Dalam Negri dengan nama Djawatan Kepolisian Negara yang hanya bertanggung jawab masalah administrasi, sedangkan masalah operasional bertanggung jawab kepada Jaksa Agung.
Mulai bulan Juli 1946 dengan penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. Djawatan Kepolisian Negara yang bertanggung jawab langsung kepada Perdana Mentri.
Pada masa negara Republik Indonesia Serikat, Jawatan Kepolisian Negara Republik Indonesia Serikat berada dibawah Perdana Mentri dengan perantaraan Jaksa Agung dalam bidang politik dan operasional.Sementara itu dalam hal pemeliharaan dan susunan adminitrasi bertanggung jawab kepada Menteri Dalam Negri. Presiden RIS,Soekarno pada tanggal 21 Januari 1950 mengangkat kembal Soekanto Tjokrodiatmojo sebagai Kepala Jawatan Kepolisian Republik Indonesia Serikat. Setelah RIS bubar, soekanto diangkat kembali sebagai kepala Jawatan Kepolisian Republik Indonesia.
Pada tahun 1961 Kepolisian Negara menjadi bagian dari angkatan bersenjata. Pada tahun 1962 jabatan kepala jawatan kepolisian diubah menjadi Menteri/Kepala Kepolisian Negara, dan diubah lagi menjadi menteri/kepala Staf Angakatan Kepolisian Negara. Pada masa Soeharto jabatan kapolri diubah lagi menjadi menteri/panglima angkatan kepolisian
Setelah reorganisasi ABRI tahun 1970,kembali menjadi Kepala Keplisian Negara Reublik Indonesia(KAPOLRI) yang berada dibawah komando dari Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Panglima ABRI).
Polri adalah sebuah organisasi besar yang termasuk lembaga negara yang bertanggung jawab kepada Presiden RI, yang mempunyai tugas pokok untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakan hukum,serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terhadap masyarakat. Dalam melaksanakan tugasnya itu,Polri akan dihadapkan banyak permasalahan dalam masyarakat. Namun perkembangan ang terjadi pada kejahatan tersebut juga harus diimbangi dengan kemampuan polri untuk dapat menangani setiap masalah yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *