Uncategorized

Keunggulan Kamera Mirrorless daripada DSLR

Pengertiannya, kamera mirrorless adalah kamera yang tidak menggunakan cermin. Namun, jika mengacu terhadap pemaknaannya, kamera mirrorless ini semua jenis kamera non-DSLR atau non-SLR, termasuk kamera prosumer ataupun kamera saku. Kamera mirrorless termurah memang sudah menjamur sejak tahun 2005-an. Dengan begitu, daya saing di dunia produsen kamera pun akan makin ramai.

Kamera Mirrorless Termurah

Istilah mirrorless mengacu pada mirrorless interchangeable lens camera (MILC) yang merupakan kamera dengan lensa yang bisa dilepas/diganti, tetapi tidak ada cermin layaknya DSLR. Tidak adanya cermin berdampak pada ukuran kamera yang lebih ringkas daripada kamera DSLR. Pemahaman tersebut berujung pada istilah kamera mirrorless, yaitu sebutan compact system camera (CC). Anggapan tersebut menggambarkan jika kamera mirrorless lebih ringkas bodinya tetapi terpasang sistem lensa yang bisa diganti.

Karena tidak mempunyai cermin, kamera ini otomatis tidak memiliki optical viewfinder laiknya kamera DSLR, lain halnya dengan Fujifilm X-Pro 2. Sebagai gantinya, kamera mirrorless menggunakan electronic viewfinder (EVF) yang makin tahun teknologi yang tersemat mengalami perkembangan. Hasil dari teknologi tersebut adalah gambar tidak lag ketika Anda atur hingga resolusi tinggi.

Kemunculan kamera mirrorless ini diawali oleh Epson R-D1 pada tahun 2004 lalu. Namun, Panasonic DMC-G1 muncul sebagai pesaing pada tahun 2008. Memang, saat itu kamera mirrorles belum seterkenal sekarang. Berbeda dengan dahulu, sekarang kamera mirrorless jauh lebih diminati oleh pecinta dunia fotografi karena mempunyai nilai lebih daripada DSLR, khususnya soal keringkasannya.

Kelebihan utama dari kamera mirrorless yang tidak dimiliki oleh DSLR adalah bobot yang ringan. Selain itu, Anda tetap bisa mengganti lensa berdasarkan kebutuhan. Lebih lanjut, bicara soal kualitas gambar dari kamera mirrorless ini Anda tidak perlu ragu karena tidak kalah hemat. Alasannya adalah, kamera mirrorles menyematkan sensor berukuran sangat besar, seperti Sony A7R yang menyematkan sensor full frame. Untuk memiliki kamera mirroles termurah, tentu berbanding terbalik dengan DSLR jika melihat spesifikasi yang hampir menyerupai. DSLR yang menggunakan teknologi macam itu harga yang dipasang hingga puluhan juta rupiah, sedangkan untuk kamera mirrorless Anda tidak sampai merogoh kocek lebih dari sepulih juta rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *